-->

Profil Dan Kekuatan Aokiji (Kuzan) - Mantan Admiral One Piece

Ditulis oleh: One Piece Inside
Berikut ulasan mengenai Profil Dan Kekuatan Aokiji (Kuzan) - Mantan Admiral One Piece. Silahkan disimak!

Aokiji Kuzan adalah mantan laksamana Angkatan Laut dan merupakan salah satu karakter terkuat dalam cerita. Ia mengundurkan diri dari Angkatan Laut setelah kalah dari Akainu Sakazuki dalam pertarungan memperebutkan jabatan laksamana armada dan menolak bekerja dibawah perintah Akainu. Karakternya pertama kali muncul di Pulau Long Ring Long, saat membuntuti Nico Robin yang telah bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami.

Penampilan
Aokiji adalah orang yang sangat tinggi dan terlihat jangkung. Rambutnya keriting halus mencapai batas leher dan bermuka panjang. Saat situasi tidak resmi, ia sering memakai penutup mata, sebagai alat bantu tidur, yang disangkutkan didahi jika tidak sedang digunakan.
Ia sering memakai rompi putih yang menutupi kemeja biru lengan panjang dan celana panjang putih dan sepatu putih. Ia juga memakai dasi kuning bergaris-garis hitam. Selama pertempuran melawan Bajak Laut Shirohige di Marineford, Aokiji memakai mantel panjang khas kelautan yang hanya disangkutkan di pundak, seperti laksamana lainnya.

Kemampuan
Saat masih menjadi laksamana Angkatan Laut, ia memiliki wewenang memerintahkan sejumlah besar pasukan Angkatan Laut. Ia juga memiliki hak untuk mengeluarkan Buster Call, serangan besar-besaran terhadap suatu wilayah dan berhak memberi hak istimewa tersebut kepada siapapun yang diinginkannya. Bahkan karena kecakapannya, Sengoku menominasikannya kepada kepala staf Pemerintah Dunia, kepala Kong untuk menjadi kepala laksamana yang baru. Setelah meninggalkan Angkatan Laut, praktis ia kehilangan semua haknya.
Aokiji ditampilkan sebagai salah satu karakter yang paling kuat dalam cerita. Ia dengan mudah mengalahkan Luffy dan kru topi jerami seorang diri di Pulau Long Ring Long. Ia juga termasuk sedikit dari orang yang mampu mengimbangi kekuatan Akainu dan memaksanya untuk bertarung selama 10 hari tanpa henti meski akhirnya kalah. Pendengarannya sangat tajam, seperti dapat mendengar kegiatan di bawah laut sebelum Perang Marineford dimulai dan gerakannya sangat cepat seperti saat ia membekukan Buggy dan anak buahnya secara tiba-tiba tanpa bisa mereka hindari. Ketahanan tubuhnya juga sangat baik dan mampu bertahan dari serangan Haki milik Shirohige, Marco dan Jozu dengan hanya menderita luka sedikit. Ia termasuk beberapa orang yang mampu selamat dari perang dengan luka yang tak begitu serius.
Jagur D. Saulo menggambarkan kemampuan Aokiji sebagai diluar kemampuan manusia normal bahkan saat sebelum ia menjadi seorang laksamana Angkatan Laut. Aokiji memiliki kapabilitas melawan karakter-karakter kuat lainnya semacam Shirohige, bahkan mampu mengalahkan komandan divisi ketiga Bajak Laut Shirohige, Jozu dengan relatif mudah. Oleh Angkatan Laut, pengunduran dirinya dianggap sebagai kehilangan yang besar dan memberi dampak yang buruk bagi kekuatan militer mereka.

Buah Iblis
Aokiji memakan Buah Iblis tipe Logia "Hie Hie no Mi", yang memberinya kekuatan untuk berubah menjadi es. Dengan kemampuannya, ia dapat dengan mudah membekukan seekor monster laut atau beberapa mil laut dengan sekejap. Ia bahkan dengan mudah membekukan tsunami besar yang diciptakan oleh orang terkuat di dunia Shirohige.
Di dalam pertempuran, ia menggunakan kekuatan es untuk menonaktifkan dan melumpuhkan musuhnya, membekukan tubuh mereka dengan hanya menyentuhnya, serta mengancam menghancurkan tubuh mereka yang rapuh. Seperti Jozu yang kehilangan tangannya meski ia adalah berlian. Namun seperti yang dikatakannya, kekuatan es nya tidak cukup mampu untuk membekukan Shirohige. Kekuatannya juga berimbang saat melawan kekuatan api milik Ace.
Seperti tipe Logia lainnya, ia mampu memisahkan tubuhnya menjadi elemen tertentu untuk menghindari serangan fisik langsung. Kekuatan esnya juga memungkinkan ia jika diserang dengan Haki, untuk membekukan bagian tubuhnya yang terluka dan kembali normal tanpa menderita kerusakan fatal. Kekuatan buahnya juga sangat besar dan mampu mengubah iklim suatu wilayah secara permanen, seperti separuh Punk Hazard yang berubah menjadi pulau beku untuk selamanya akibat pertarungannya dengan Akainu di tempat itu.
Ia dapat memanfaatkan kekuatan esnya untuk menciptakan pedang "Ice Saber" dengan meniupkan dedaunan. Pedang itu digunakannya sebagai senjata dalam bertarung. Selain itu, Ia dengan mudah dapat bersepeda dengan "Ao Chari" melintasi lautan karena ia membekukan setiap jalur yang dilaluinya. Sepertinya, Aokiji menjadi sedikit dari beberapa pengguna Buah Iblis yang dapat menangkal kelemahan langsung dari air laut karena jikapun terjatuh kedalam air, ia dengan dapat mudah membekukannya tanpa bisa tenggelam.

Haki
Sebagai seorang laksamana Angkatan Laut, ia memiliki kemampuan menggunakan Haki. Saat pertempuran di Marineford, ia menggunakan "Busoshoku Haki" bersama laksamana lainnya, untuk memblok serangan Shirohige yang ingin menghancurkan platform eksekusi dari jauh.

Sekian artikel dari One Piece Inside mengenai Profil Dan Kekuatan Aokiji (Kuzan) - Mantan Admiral One Piece, yang dapat menambah pengetahuan kalian tentang One Piece.
Lihat juga:
Daftar Profil Dan Kekuatan Karakter One Piece